Tugas dan Fungsi

Tugas dan Fungsi Kepala Dinas

Tugas:

Merumuskan, menyelenggarakan, membina dan mengevaluasi penyusunan dan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah serta tugas pembantuan di Bidang Pendidikan meliputi pembiayaan, kurikulum, kebijakan dan standar pendidikan dan tenaga kependidikan, pengendalian mutu pendidikan serta sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini, pendidikan masyarakat dan pendidikan dasar.

Fungsi:

  1. Pembinaan, pengawasan dan pengendalian penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dinas sesuai dengan Rencana  Jangka Menengah Daerah (RPJMD);
  2. Pelaksanaan dan perumusan bahan kebijakan dan standar pendidikan;
  3. Pelaksanaan pembiayaan, kurikulum, sarana dan prasarana, pendidikan dan tenaga kependidikan serta pengendalian mutu pendidikan;
  4. Perumudsan kebijakan teknis di bidang pendidikan;
  5. Pembianaan, pengawasan dan pengendalian urusan kesekteratiatan, kepegawaian dan rumah tangga Dinas;
  6. Pembinaan, pengawasan dan pengendalian kegiatan bidang teknis meliputi sekretariat, di bidang pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, bidang pendidikan dasar, bidang pendidikan dan tenaga pendidikan serta bidang sarana prasarana pendidikan;
  7. Pembinaan, pengawasan dan pengendalian penggunaan anggaran dinas;
  8. Pembinaan, pengawasan dan pengendalian produk hukum sesuai dengan bidang tugasnya; dan
  9. Pelaksanaan tigas lain yang diberikan Bupati sesuai dengan bidang tugasnya;

 

Tugas dan Fungsi Sekretariat

Tugas:

Melaksanakan administrasi umum, pengkoordinasiaan perencanaan dan evaluasi serta pengelolaan keuangan Dinas.

Fungsi:

  1. Koordinasi penyusunan kebijaksaan, rencana, program, kegiatan, dan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan serta tugas pembantuan di bidang pendidikan dan kebudayaan;
  2. Pengelolaan data dan informasi di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar,pendidikan nonformal, dan kebudaan;
  3. Koordinasi dan pelaksaaan kerja sama di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
  4. Koordinasi pengelolaan dana laporan keuangan di lingkuangan dinas pendidikan dan kebudayaan;
  5. Penyusunan bahan rancangan peraturan perundang – undangan dan fasilitas bantuan hukum di bidang pendidikan anak usai dini, pendidkan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
  6. Pelaksaan urusan organisasi dan tata laksana di lingkungan Dinas;
  7. Pengelolaan kepegawaian di lingkungan Dinas;
  8. Penyusunan bahan pelaksanaan urusan tugas pembantuan di bidang pendidikan dan kebudayaan yang meliputi usul kenaikan pangkat dan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, serta pendidikan menengah dan pendidikan khusus, fasilitas pelaksanaan akreditasi pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan nonformal, fasilitas pelaksanaan kegiatan kesiswaan pendidikan menengah dan pendidikan khusus, penyiapan bahan rekomendasi izin pendirian dan penutupan satuan pendidikan anak usia dini kerja sama, sekolah dasar kerja sama, dan sekolah menengah pertama kerja sama, fasilitas urusan pembinaan perfilman, fasilitas pembinaan lembaga kepercayaan terhadap Tuhan YME, fasilitas pengelolan warisan budaya nasional dan dunia,dan tugas – tugas pembantuan lainnya;
  9. Koordinasi dan penyusunan bahan publikasi dana hubungan masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
  10. Koordinasi dan penyusunan publikasi dan hubungan masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan nonformal, dan kebudayaan;
  11. Pengelolaan barang milik Daerah di lingkungan Dinas;
  12. Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kerumahtanggaan di lingkungan Dinas.

 

Tugas dan Fungsi Bidang Pembinaan Pendidikan Anak usia Dini Dan Pendidikan Nonformal

Tugas:

Melaksanakan penyusunan bahan dan perumusan dan pelaksanaan kebijaksanaan di bidang pembinaan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal.

Fungsi:

  1. Penyusunan bahan perumusan dan kordinasi pelaksanaan kebijaksaan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan pedidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  2. Pelaksanaan kebijaksaan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karaktek pendidikan anak usia dini, dan pendidikan nonformal;
  3. Penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal pendidikan nonfomal;
  4. Penyusunan bahan penertiban izin pendirian, penataan, dan penutupan satuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  5. Penyusunan bahan pembinaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasaran, serta peserta didik dan pembanguanan karakter pendidikan anak usia dini, dan pembangunan karakter pendidikan anak usia dini, dan pendidikan nonformal;
  6. Pelaksanaan pematauan dan evaluasi di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasaran, serta peserta didik anak usia dini dan pendidikan nonformal;
  7. Pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangaunan karakter pendidikan anak usia dini, dan pendidikan nonformal.

 

Tugas dan Fungsi Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar

Tugas:

Melaksanakan penyusunan bahan dan perumusan dan pelaksanaan kebijaksanaan di bidang pembinaan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Fungsi:

  1. Penyusunan bahan perumusan dan kordinasi pelaksanaan kebijaksaan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  2. Pelaksanaan kebijaksaan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karaktek sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  3. Penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  4. Penyusunan bahan penertiban izin pendirian, penataan, dan penutupan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  5. Penyusunan bahan pembinaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembanguanan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  6. Penyusunan bahan pembinaan bahasa dan satra Daerah yang penuturnya dalam Daerah;
  7. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah pertama;
  8. Pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

 

Tugas dan Fungsi Bidang Kebudayaan

Tugas:

Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kebudayaan.

Fungsi:

  1. Penyusunan bahan perumusan dan kordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang cagar budaya, pengelolaan museum Daerah, pembinaan sejarah, pelestarian tradisi, pembinaan komunitas dan lembaga adat, dan pembinaan kesenian;
  2. Penyusunan bahan pembinaan di bidang pengelolaan cagar budaya, pengelolaan cagar budaya, pengelolaan museum Daerah, pembinaan sejarah, pelestarian tradisi, pembinaan komunitas dan lembaga adat, dan pembinaan kesenian;
  3. Penyusunan bahan pengelolaan kebudayaan yang masyarakat pelakunya Daerah;
  4. Penyusunan bahan pelestarian tradisi yang masyarakat pelakunya dalam Daerah;
  5. Penyusunan bahan pembinaan komunitas dan lembaga adat yang masyarakatnya penganut dalam Daerah;
  6. Penyusunan bahan pembinaan kesenian yang masyarakatnya pelakunya dalam Daerah;
  7. Penyusunan bahan pembinaan sejarah lokal Daerah;
  8. Penyusunan bahan penetapan cagar budaya dan pengelolaan cagar budaya peringkat Daerah;
  9. Penyusunan bahan penertiban izin membawa cagar budaya ke luar Daerah;
  10. Penyusunan bahan pengelolaan museum Daerah;
  11. Penyusunan bahan fasilitas di bidang pengelolaan cagar budaya, pengelolaan museum Daerah, pembinaan sejarah, pelestarian tradisi, pembinaan komunitas dan lembaga adat, dan pembinaan kesenian;
  12. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi di bidang pengelolaan cagar budaya, pengelolan cagar budaya, pengelolan museum Daerah, pembinaan sejarah, pelestarian tradisi, pembinaan kumunitas dan lembaga adat, dan pembinaan kesenian; dan
  13. Pelaporan di bidang pengelolaan cagar budaya, pengelolaan museum Daerah, pembinaan sejarah, pelestarian tradisi, pembinaan komunitas dan lembaga adat, dan pembinaan kesenian.

 

Tugas dan Fungsi Bidang Pembinaan Ketenagaan

Tugas:

Penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal, serta kebudayaan.

Fungsi:

  1. Penyusunan bahan perumusan dan kordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan;
  2. Penyusunan bahan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan kependidikan pendidikananak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan;
  3. Penyusunan bahan recana kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia, dini sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan;
  4. Penyusunan bahan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidik anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menegah pertama, dan pendidikan nonformal;
  5. Penyusunan bahan rekomendasi pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan dalam Daerah;
  6. Penyusunan bahan pembinaan din bidang tenaga cagar budaya dan permuseuman, tenaga kesejahteraan, tenaga tradisi, tenaga kesenian, dan tenaga kebudayaan lainnya;
  7. Penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi di bidang pembinaan pendidik dantenaga keoendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menegah pertama, dan pendidikan nonformal, serta tenag kebudayaan; dan
  8. Pelaporan di bidang pembinaan pendidik dan tenaga keendidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar sekolah menegah pertama,dan pendidikan nonformal, serta tenaga kebudayaan.